Rabu, 11 Agustus 2010

RPP IPS Kelas 4 SD Semester 1 (5)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 5

I. Identitas
Nama Guru :
NUPTK :
NIP :
Nama Sekolah : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 20 / 20
Waktu : 12 jam pelajaran (6 x pertemuan)

II. Standar Kompetensi
1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa dilingkungan kabupaten/kota dan provinsi

III. Kompetensi Dasar
1.5 Menghargai berbagai peninggalan sejarah dilingkungan setempat (kabupaten/kota, dan provinsi) dan menjaga kelestariannya

IV. Indikator
1.5.1 Mencatat peninggalan sejarah dilingkungan setempat
1.5.2 Menceritakan peninggalan sejarah yang ada dilingkungan setempat
1.5.3 Menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah
1.5.4 Menjelaskan manfaat menjaga kelestarian lingkungan setempat

V. Materi pokok
- Peninggalan sejarah

VI. Langkah-langkah pembelajaran
A. Pertemuan ke – 26 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang peninggalan sejarah yang ada di kabupaten/kota, propinsi
2. Kegiatan Inti
- Mengidentifikasi peninggalan-peninggalan sejarah
- Mencatat peninggalan sejarah di lingkungan setempat
- Penyelesaian tugas secara kelompok
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja kelompok
- Penetapan isi materi

B. Pertemuan ke – 27, 28 (4 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Mengamati gambar peninggalan sejarah yang ada di lingkungan setempat
2. Kegiatan Inti
- Menceritakan berbagai peninggalan sejarah yang ada di lingkungan kabupaten/kota, propinsi
- Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang peninggalan sejarah
3. Kegiatan Akhir
- Membahas hasil tugas siswa
- Penetapan isi materi
- Pemberian tugas rumah

C. Pertemuan ke – 29 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Siswa melaporkan tugas rumah pada guru
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah
- Tanya jawab tentang materi yang belum jelas
3. Kegiatan Akhir
- Penetapan isi materi
- Motivasi dari guru

D. Pertemuan ke – 30 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang materi yang akan dibahas
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan manfaat menjaga kelestarian peninggalan sejarah
- Penyelesaian tugas secara individu
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja siswa
- Penetapan isi materi

E. Pertemuan ke –31 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Petunjuk cara mengerjakan soal
2. Kegiatan Inti
- Mengerjakan soal-soal pada lembar uji kompetensi (menjawab pertanyaan secara individu)
3. Kegiatan Akhir
- Penarikan hasil uji kompetensi
- Pesan dari guru
VII. Penilaian
A. Pada pertemuan ke-26 melalui tugas
- Mencatat peninggalan sejarah
B, C Pada pertemuan ke- 27, 28 melalui pengamatan
- Kebenaran dalam menjawab pertanyaan
D. Pada pertemuan ke- 29 melalui pengamatan
- Menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah
E. Pada pertemuan ke- 30 melalui portofolio
- Tagihan lembar kerja siswa
F. Pada pertemuan ke-31 melalui tertulis/uji kompetensi
- Mengerjakan soal-soal

E. Sumber / Alat
- Buku IPS kelas IV yang relevan
- Buku penunjang.


Prambanan, …………………….
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas : IV




…………………………………………… ……………………………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar