Rabu, 11 Agustus 2010

RPP IPS Kelas 4 SD Semester 1 (2)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2

I. Identitas
Nama Guru :
NUPTK :
NIP :
Nama Sekolah : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 20 / 20
Waktu : 12 jam pelajaran (6 x pertemuan)

II. Standar Kompetensi
1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa dilingkungan kabupaten/kota dan provinsi

III. Kompetensi Dasar
1.2 Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintahan kecamatan

IV. Indikator
1.2.1 Siswa dapat menggambar struktur pemerintahan desa.
1.2.2 Siswa dapat menggambar struktur pemerintahan kecamatan.
1.2.3 Siswa dapat menyebutkan susunan organisasi desa dan kecamatan.
1.2.4 Siswa dapat menjelaskan tugas dan fungsi pemerintahan desa dan kecamatan.

V. Materi pokok
- Kenampakan alam lingkungan

VI. Langkah-langkah pembelajaran
A. Pertemuan ke – 6 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Mengamati gambar kenampakan alam
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan pengertian kenampakan alam
- Menjelaskan macam-macam kenampakan alam
- Menjawab pertanyaan dari guru
3. Kegiatan Akhir
- Penetapan isi materi
- Motivasi dari guru

B. Pertemuan ke – 7,8 (4 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang materi pertemuan sebelumnya
2. Kegiatan Inti
- Mengidentifikasi beberapa manfaat kenampakan alam
- Penyelesaian tugas secara kelompok
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja kelompok
- Penetapan isi materi
- Pemberian tugas rumah

C. Pertemuan ke – 9 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Siswa diminta untuk menyebutkan contoh peristiwa alam
2. Kegiatan Inti
- Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa alam yang sering terjadi
- Menjelaskan sebab dan tanda-tanda peristiwa alam
- Penyelesaian tugas
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja siswa
- Penetapan isi materi

D. Pertemuan ke – 10 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Siswa mengamati gambar penebangan kayu, gambar kegiatan manusia yang merusak lingkungan
2. Kegiatan Inti
- Menyebutkan pola perilaku masyarakat yang dapat menyebabkan bencana alam
- Menyebutkan upaya penanggulangan dari pola perilaku masyarakat yang salah
- Penyelesaian tugas secara individu
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja siswa
- Penetapan isi materi

4. Pertemuan ke – 11 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Petunjuk cara mengerjakan soal
2. Kegiatan Inti
- Mengerjakan soal-soal pada lembar uji kompetensi (menjawab pertanyaan secara individu)

3. Kegiatan Akhir
- Penarikan hasil uji kompetensi
- Pesan dari guru

VII. Penilaian
A. Pada pertemuan ke- 6 melalui pengamatan
- Kegiatan manjawab pertanyaan
B, C Pada pertemuan ke- 7,8 melalui tugas
- Mengidentifikasi manfaat kenampakan alam
D. Pada pertemuan ke- 9 melalui tugas
- Mengidentifikasi peristiwa alam
E. Pada pertemuan ke- 10 melalui portofolio
- Tagihan lembar kerja siswa
F. Pada pertemuan ke- 11 melalui tertulis/uji kompetensi
- Mengerjakan soal-soal

E. Sumber / Alat
- Buku IPS kelas IV yang relevan
- Buku penunjang.


……………………………., ………………….
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas : IV



…………………………………………… ……………………………………………

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar