Kamis, 12 Agustus 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 1
I. Identitas Nama Guru :
NUPTK :
NIP :
Nama Sekolah : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 20 / 20
Waktu : 10 jam pelajaran (5 x pertemuan)
II. Standar Kompetensi
1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
III. Kompetensi Dasar
1.1 mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan
IV. Indikator
1.1.1 Siswa dapat menyebutkan lembaga-lembaga desa
1.1.2 Siswa dapat menyebutkan lembaga-lembaga kecamatan
1.1.3 Siswa dapat menjelaskan kedudukan, tugas, dan fungsi lembaga-lembaga desa
1.1.4 Siswa dapat menjelaskan kedudukan, tugas, dan fungsi lembaga-lembaga kecamatan
V. Materi pokok
- Lembaga-lembaga pemerintah desa dan kecamatan
VI. Langkah-langkah pembelajaran
A. Pertemuan ke 1 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Mengadakan tanya jawab tentang nama desa / kelurahan tempat tinggal siswa
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan pengertian desa / kelurahan
- Menyebutkan sumber-sumber pendapatan desa
- Penyelesaian tugas secara individu
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja siswa
- Penetapan isi materi
B. Pertemuan ke 2 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- tanya jawab tentang materi yang akan dibahas
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan fungsi lembaga kemasyarakatan desa
- Menyebutkan nama lembaga kemasyarakatan yang ada di desa
- Penyelesaian tugas secara kelompok
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja siswa
- Penetapan isi materi
- Motivasi dari guru
C. Pertemuan ke 3 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Salah satu siswa diminta untuk menyebutkan badan permusyawaratan yang berada di desa
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan pengertian BPD, LKMD
- Menyebutkan fungsi dari masing-masing lembaga tersebut
- Penyelesaian tugas secara individu
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja siswa
- Penetapan isi materi
- Pemberian tugas rumah (PR)
D. Pertemuan ke 4 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Siswa melaporkan tugas rumah (PR) pada guru
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan pengertian kecamatan
- Menyebutkan tugas dan fungsi pemerintahan kecamatan
- Penyelesaian tugas secara individu
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja siswa
- Penetapan isi materi
- Motivasi dari guru
E. Pertemuan ke 5 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Petunjuk cara mengerjakan soal
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan fungsi lembaga kemasyarakatan desa
- Menyebutkan nama lembaga kemasyarakatan yang ada di desa
- Uji kompetensi (mengerjakan soal secara individu)
3. Kegiatan Akhir
- Mengumpulkan hasil kerja siswa
VII. Penilaian
A. Pada pertemuan ke-1 melalui pengamatan
- Menyebutkan pengertian desa / kelurahan
B. Pada pertemuan ke-2 melalui penugasan
- Menyebutkan lembaga kemasyarakatan yang ada didesa
C. Pada pertemuan ke-3 melalui pengamatan
- Menjelaskan fungsi lembaga desa
D. Pada pertemuan ke-4 melalui porto folio
- Tagihan lembar kerja siswa
E. Pada pertemuan ke-5 melalui tertulis (Uji Kompetensi)
- Menjawab pertanyaan
VIII. Sumber / Alat - Buku PKn kelas IV yang relevan
- Buku penunjang.


                             Prambanan, ………………
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                  Guru Kelas : IV



………………                                                                                                      ………………                                                                                            
 ……………………………………………

1 komentar: