Rabu, 11 Agustus 2010

RPP IPS Kelas 4 SD Semester 1 (4)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 4

I. Identitas
Nama Guru :
NUPTK :
NIP :
Nama Sekolah : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 20 / 20
Waktu : 12 jam pelajaran (6 x pertemuan)

II. Standar Kompetensi
1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa dilingkungan kabupaten/kota dan provinsi

III. Kompetensi Dasar
1.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota , provinsi)

IV. Indikator
1.4.1 Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika
1.4.2 Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragaman.
1.4.3 Mengidentifikasi bentuk=bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat
1.4.4 Memberi contoh cara menghargai keragaman yang ada di masyarakat setempat
1.4.5 Menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa, dan budaya di masyarakat.

V. Materi pokok
- Keragaman suku bangsa dan budaya

VI. Langkah-langkah pembelajaran
A. Pertemuan ke – 20 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang bhineka tunggal ika
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan pengertian bhineka tunggal ika
- Menjelaskan pentingnya kesatuan dalam keragaman
- Menyebutkan contoh keragaman suku dan budaya
- Siswa menjawab pertanyaan dari guru
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan tugas siswa
- Penetapan isi materi

B. Pertemuan ke – 21,22 (4 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang materi yang akan dibahas
2. Kegiatan Inti
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya
- Membuat daftar beberapa suku bangsa, bahasa, dan asal daerah yang ada di Indonesia
- Penyelesaian tugas secara kelompok
3. Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja kelompok
- Penetapan isi materi
- Pemberian tugas rumah

C. Pertemuan ke – 23 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Siswa melaporkan tugas rumah pada guru
2. Kegiatan Inti
- Menyebutkan nama-nama tarian daerah
- Menyebutkan beberapa contoh rumah adat yang ada di Indonesia
- Menjelaskan tentang gotong royong
- Siswa menjawab pertanyaan dari guru secara lisan
3. Kegiatan Akhir
- Penetapan isi materi
- Motivasi dari guru

D. Pertemuan ke – 24 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang materi yang akan dibahas
2. Kegiatan Inti
- Menyebutkan contoh cara menghargai keragaman yang adat di masyarakat
- Menunjukkkan sikap menerima keragaman suku bangsa dan budaya dimasyarakat
- Menyelesaikan tugas secara individu
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja siswa
- Penetapan isi materi




E. Pertemuan ke –25 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Petunjuk cara mengerjakan soal
2. Kegiatan Inti
- Mengerjakan soal-soal pada lembar uji kompetensi (menjawab pertanyaan secara individu)
3. Kegiatan Akhir
- Penarikan hasil uji kompetensi
- Pesan dari guru

VII. Penilaian
A. Pada pertemuan ke-20 melalui pengamatan
- Ketepatan dalam menjawab pertanyaan
B, C Pada pertemuan ke- 21, 22 melalui tugas
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya
D. Pada pertemuan ke- 23 melalui pengamatan
- Kebenaran dalam menjawab pertanyaan
E. Pada pertemuan ke- 24 melalui portofolio
- Tagihan lembar kerja siswa
F. Pada pertemuan ke- 25 melalui tertulis/uji kompetensi
- Mengerjakan soal-soal

E. Sumber / Alat
- Buku IPS kelas IV yang relevan
- Buku penunjang.


Prambanan, …………………….
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas : IV



…………………………………………… ……………………………………………

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar